Tips Perawatan AC Mobil ala Denso

Di tengah arus lalu lintas yang makin padat dan identik dengan situasi "stop and go", fungsi pendingin udara di kabin kendaraan tentu memiliki peran signifikan. Salah perhatian bukan hanya membuat gerah badan Anda, tapi isi dompet juga bisa ikut-ikutan gerah.

"AC dingin belum tentu sehat!" terang Yoffi Oviandri, Department Manager - Technical Service Departmentdari PT Denso Sales Indonesia.


Pernyataan berkesan provokatif dari sang manager produsen spesialis AC mobil itu setidaknya didasari dua pertimbangan, yakni:
  1. Hal pertama yang paling umum terjadi adalah kehadiran kotoran yang menempel pada fin (kisi-kisi) evaporator.

  2. Pencetus kedua, yakni udara yang berputar di dalam ruangan kabin bersifat statis atau tidak berubah.
"Kerap kali pengguna kendaraan tidak menyadari jika debu halus sekalipun yang menempel pada fin evaporator dapat menjadi sumber penyakit. Hal sepele seperti penggunaan minyak wangi di dalam kendaraan dapat menjadi pencetus timbulnya kotoran tadi. Hal ini makin diperparah dengan udara di dalam kabin yang hampir tidak pernah berganti, karena jendela kendaraan nyaris tidak pernah dibuka," ungkap Yoffi.

Lantas bagaimana langkah terbaik dalam perawatan AC mobil? Menurut pria berpostur sedang ini, perhatian untuk perawatanAC mobil sama dengan mesin kendaraan ataupun AC rumah yang membutuhkan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Idealnya setiap hari sebelum kendaraan digunakan, seluruh kaca mobil sebaiknya dibuka sekitar lima menit, sekaligus menyalakan blower pada posisi maksimum. Hal ini bertujuan agar udara di dalam mobil berganti.

  2. AC mobil juga harus mendapat perawatan berkala, agar komponen, sirkulasi dan udara yang dihembuskan tetap sehat.

  3. Rekomendasi perawatan berkala AC sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali.

  4. Setiap setahun sekali atau setiap 20 ribu km disarankan untuk mengganti filter dryer. Langkah ini sendiri masih dianggap belum cukup rekomendatif, jika Anda melakukannya di sembarang bengkel.


  5. Sebaiknya untuk perawatan AC, Anda menggunakan jasa bengkel resmi. Ada tiga pertimbangan minimal, yaitu didukung teknisi berpengalaman, penggunaan peralatan kerja telah disertifikasi, dan jaminan keaslian suku cadang.

Sebagai informasi tambahan, pihak PT Denso Sales Indonesia menyebut sekitar 80 % mobil yang dirakit atau diproduksi di Indonesia menggunakan AC Denso sebagai fitur atau fasilitas standar, serta hingga saat ini memiliki dukungan layanan purna jual sebanyak 56 jaringan bengkel resmi di Indonesia.

Sewa Mobil Surabaya

Offisial Website : Okkarent
Penjaringan Asri PS IE,No.8-9, Surabaya, Jawa Timur 60232, Indonesia

Telp. +62-31-70330661  Pin BB: 277 976 05, +62812 52 666 966, 
+62317 0330 7447, +6285 6450 50605
Website: www.okkarent.com
E-mail: info@okkarent.com

Belum ada tanggapan untuk "Tips Perawatan AC Mobil ala Denso"

Poskan Komentar